Tuesday, June 17, 2008

HIV/AIDS di Sulsel ?

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau disebut juga Sindrom Cacat Kekebalan Tubuh Dapatan, merupakan kumpulan gejala penyakt akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh virus yang disebut HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV ini sangat mudah menular dan mematikan serta hidup dalam 4 jenis cairan tubuh manusia, yaitu darah, sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Virus ini tidak hidup di dalam cairan tubuh lainnya, seperti air ludah, air mata maupun keringat (Depkes & Kessos, 2000).

Cara penularan HIV/AIDS hanya dapat melalui empat jenis cairan tubuh, yaitu darah, sperma, cairan vagina, dan air susu ibu. Sedangkan sumber infeksi penularannya adalah orang yang mengidap HIV/AIDS.

HIV tidak dapat ditularkan melalui kontak sosial yang bersifat langsung, seperti berjabat tangan, bercakap2 dengan penderita HIV/AIDS, begitupun dengan peralatan makan/ minum, kolam renang.

Munculnya isu AIDS di Indonesia pertama kali pada tahun 1987, yaitu adanya kasus seorang turis homoseksual asal Belanda yang meninggal di Bali (Depkes&Kessos, 2000).

Jumlah kasus HIV di Sulsel pada tahun 2007 sebanyak 19 kasus (Data Makassar belum masuk ?) dan dapat dilihat pada grafik di samping :

Sumber : Profil Kesehatan Sulsel tahun 2007.

No comments: