Saturday, December 6, 2008

Pemutakhiran Data Tk. Kab./ Kota ke 2 di 2008

Di penghujung tahun 2008, bulan Desember tanggal 4, telah berlangsung kegiatan “PEMUDA” (Pemutakhiran Data) Kesehatan antara Dinas Kesehatan Kab./Kota dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Sebuah materi dari narasumber dinkes provinsi dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha: Bapak Dr. H. Muchlis Manguluang, MKes menyatakan perlunya pembaharuan dalam pengembangan SIK di Sulsel, kemudian disajikan pengalaman dari 4 kab./kota, masing-masing Kab. Jeneponto, Kab. Enrekang, Kab. Maros dan Kota Parepare.

Menarik apa yang disajikan oleh teman-teman kab./kota, dimana nampak saat ini bahwa SIK bukan lagi menjadi hal yang baru bagi mereka namun SIK sudah menjadi nafas kerja mereka. Ada kab./kota yang sudah pingin sama dengan kab./kota di luar Provinsi Sulsel, ada juga yang berupaya untuk menata lebih optimal internal unit kerja mereka lebih dulu, anyway.. teman-teman di kab./kota sudah mampu melihat kemampuan dan kelemahan mereka masing-masing dalam mengembangkan SIK.

Kondisi tersebut tentunya tidak terlepas dari peran teman-teman di tingkat provinsi. Berawal di tahun 2006, sebuah reformasi telah dilakukan, berkat kerjasama dengan kawan atau saudara kami Bpk Sjahrir Hannanu, kami masuk “dapur data”, mengenal lebih jauh bagaimana membangun sebuah struktur database dan cara kerjanya…sungguh suatu kerja luar biasa, Thanks so much pak Sjahrir….

Meskipun masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam mewujudkan sebuah sistem informasi kesehatan namun hasil yang nyata adalah bahwa teman-teman di kab./kota dapat terbuka cara berfikirnya tentang pengelolaan data dan penggunaan IT untuk mendukung pengolahan tersebut khususnya bagi teman-teman di puskesmas.

5 comments:

Anonymous said...

aichhh... puji-pujian.
Salam

nanda said...

makasih untuk infonya

andre said...

bagus bagus,

jack said...

salam kenal ya,
makasih buat artikelnya

ristyawati@jak-stik.ac.id said...

Website yang cukup menarik.. Terimakasih